Minggu, 01 Mei 2011

GAME ENGINE PADA OGREE

Pada postingan sebelumnya saya menjelaskan game engine,apa itu game engine,apa aja macam-macam software game engine yg bayar dan tidak bayar,serta keuntungannya game engine.

Kali ini saya akan mengenalkan salah satu software game engine yg tidak bayar dan menjelaskan tentang ogree itu sendiri serta pemahaman menggunakan ogree. Sedikit yang saya ketahui tentang software open source ogree itu sendiri karena saya pun baru saja mempelajari ogree itu sendiri. Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. Perpustakaan kelas abstrak rincian menggunakan sistem yang mendasari perpustakaan seperti Direct3D dan OpenGL dan menyediakan sebuah antarmuka dunia yang didasarkan pada objek dan kelas-kelas tingkat tinggi lainnya. Ogree sendiri juga memiliki codding pada saat kita ingin mengganti-ganti objek yang ada serta memberi effect itu sendiri. OGRE hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development / simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.

Ogree memiliki banyak fitur yaitu :

· Desain yang object oriented dengan menggunakan plugin


· Engine berbasis scane graph


· Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D.

· OGRE mendukung program Vertex dan Fragment

.The landscape scene manager untuk Progressive LOD

· Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.

· OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen

· Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.

· Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, dll.

Dari fitur-fitur tersebut sangat membantu kita untuk mempermudah kita dalam membuat suatu karya melalui Ogre dan membantu untuk para desainer aplikasi grafis seperti blender itu sendiri.

Pada pembuatan game engine untuk ogree itu sendiri masih memiliki bebrapa tahap lagi yaitu penginstallan ogree itu sendiri.untuk membuat grafis pertama yang kita lakukan adalah menginstall program ogree. Ogree bisa d intall di windows dan juga bisa di sistem operasi seperti linux. Berikut tahapan penginstallan ogree pada windows :

  1. Install MinGW Toolbox kemudian setting environment variabel, apabila penginstallan pada D:\mingw, maka environment set path akan disetting ke D:\mingw\bin
  2. Ketik gcc –v pada command prompt untuk memeriksa status install MinGW
  3. Install MYSYS, proses setting seperti pada langkah 1
  4. Ketik uname –a di command prompt untuk memeriksa status MYSYS
  5. Install Ogre, setelah itu setting variabel seperti pada langkah 1 dan 3, tetapi kita membuat variabel baru dengan nama OGRE_HOME
  6. Extract file eclipse.exe dalam folder eclipse dan jalankan eclipse
  7. Tekan alt+shift+n untuk membuka project baru dan pilih C++ project
  8. Pilih project 3D yang memanfaatkan Ogre.
  9. Pilih empty project dan toolchains MinGW
  10. Pada bagian project klik project dan tekan alt + enter
  11. Pilih C\C++ Build -> Settings, klik manage configurations, klik release, tekan set active dan klik OK
  12. Pilih GCC C++ Compiler pada tool settings, pastikan release pada menu drop down yang aktif
  13. Kembali setting untuk debug, kembali set release untuk hal ini

Untuk penginstallan ogree itu sendiri terlihat cukup rumit, karena banyak yang harus dilakukan pada tahapan penginstallan ogree dan cukup panjang. Kalau ogree itu sendiri sudah terinstall maka kita bisa menggunakan ogree sebagai cara membuat game engine yang sederhana dengan membuat grafis serta effect-effect yang ada pada ogree.

Referensi :

http://wenythepooh.wordpress.com/2011/02/27/ogre-object-oriented-graphics-rendering-engine/

http://en.wikipedia.org/wiki/OGRE_Engine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar