Sudah bukan rahasia kalau trend internet belakangan ini ada pada situs-situs yang dikategorikan sebagai Online Social Networking alias jaringan sosial di dunia maya.
Apa yang dimaksud dengan Social Network ?
Social Network atau Social Media Site atau yang disebut juga web 2,0 adalah situs yang konten atau isi situsnya berasal dari pengguna / pengunjung / anggota, bukan dari pemilik situs. Isi dari situs ini yang berasal dari pengguna berupa tulisan / artikel, video dan foto. Tujuan konten yang kita masukkan tadi bisa hanya untuk keperluan pribadi, bisa untuk dipublikasikan ke semua orang / pengunjung, dan bisa juga untuk diberikan / share ke pengunjung lainnya.
Saat ini, dengan semakin berkembangnya dunia internet dan semakin banyaknya orang yang pergi online setiap hari, maka situs social network ini juga berkembang pesat. Sampai saat ini sudah banyak sekali situs social network yang bermunculan. Setiap hari ada saja tawaran dari orang untuk join di situs social network ini. Saking banyaknya jadi bingung milihnya.
Contoh situs social network / social media site, yang memiliki high traffic, beberapa diantaranya :
Youtube, Friendster, Myspace, Facebook, Flixter, Tagged, Netlog, Hi5, Dada Net, Twitter, dan masih banyak lagi.
Banyak cara yang dilakukan oleh para pengguna online social networking, salah satunya adalah sebagai Salah Satu Media Kampanye.
Di Indonesia, pada tahun 2009 kemarin menjadi tahun yang penuh dengan agenda, khususnya agenda demokrasi. Ada dua agenda besar pada tahun 2009, yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden. Untuk Pemilu Legislatif sendiri, KPU sudah memutuskan bahwa waktu untuk melakukan kampanye Parpol sudah dimulai pada bulan Juli 2008 ini. Agenda-agenda seperti ini tak pelak akan membuat setiap partai politik dan Capres-Cawapres untuk melakukan kampanye dengan berbagai cara, tentunya dengan cara yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dalam melakukan kampanye, mereka akan membutuhkan media. Media kampanye bisa bermacam-macam, mulai dari yang berjenis konvensional seperti dialog, arak-arakan di jalan, selebaran, stiker, buletin, dll, hingga yang memanfaatkan teknologi seperti memanfaatkan internet. Mengaca pada model kampanye yang dilakukan oleh Capres AS, Barack Obama, media internet akan menjadi media kampanye yang diperhitungkan. Apalagi sejalan dengan agenda Pemerintah RI, dalam hal ini Depkominfo, untuk menghubungkan setiap rumah dengan akses internet. Ditambah lagi dengan agenda untuk menurunkan biaya akses internet di Indonesia. Hal tersebut merupakan prospek besar untuk setiap Parpol dan Capres.
Selain menjadi media kampanye, online social networking juga dapat di jadikan sebagai media pembelajaran. Sebagai mana di kutip dari http://p4tkmatematika.org/2009/05/pemanfaatan-online-social-network-sebagai-media-pembelajaran/ . yaitu Tren pemanfaatan social network ini sebenarnya menjadi peluang yang cukup menarik untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu media pembelajaran. Dalam rangka memanfaatkan peluang tersebut Unit Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (MTIK) PPPPTK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Matematika mengadakan pelatihan bertema Pemanfaatan Online Social Network sebagai Media Pembelajaran. Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 4 Mei sampai dengan 6 Mei 2009 ini dibuka oleh Winarno, M.Sc. (Kabid Program dan Informasi) dan dihadiri oleh jajaran pejabat PPPPTK Matematika yaitu Muhammad Fuad Almasrury, S.E., M.M. (Kabid Fasilitasi Peningkatan Kompetensi) dan Yuliawanto (Kasi Data dan Informasi).
Pelatihan dipandu oleh 2 staf Unit MTIK, Muh. Tamimuddin, M.T. dan Estina Ekawati, M.Pd.Si. Peserta pelatihan adalah siswa SMA yang berasal dari beberapa SMA di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebelumnya kegiatan serupa pernah juga diselenggarakan bagi para guru.
Materi pelatihan antara lain pendaftaran dan pengelolaan account Facebook, mengikuti group di Facebook, membuat dan mengelola blog serta pengenalan akses social network dan internet melalui ponsel.
Pada kesempatan tersebut, diperkenalkan pula komunitas EduFezt sebagai wadah pengguna social network untuk tujuan pembelajaran. EduFezt terbuka untuk umum baik siswa, guru, orang tua siswa, maupun masyarakat untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi. (Informasi lebih lengkap dapat diakses di edufezt.wordpress.com).
Dari kegiatan pelatihan ini diharapkan siswa mampu mengenali dan menggunakan social network serta memanfaatkan teknologi ini untuk kepentingan yang positif, khususnya untuk pendidikan..
Dari online social networking ini, kita juga dapat membuat strategi bisnis.
Strategi yang bisa digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke situs kita adalah :
Membuat Tulisan :
Beberapa situs social network diatas menyediakan fasilitas Buletin atau Jurnal yang bisa kita isi dengan berbagai tulisan. Lewat fasilitas ini, kita bisa membuat tulisan seputar bisnis online atau internet marketing, yang di akhir tulisan kita bisa mencantumkan link URL yang menuju ke situs kita. Dengan cara ini, situs kita bisa mendapat pengunjung gratis.
Membuat Video :
Hampir semua social network / social media site menyediakan upload video, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk publik / share. Melalui fasilitas ini, kita bisa membuat video yang berhubungan dengan topik situs kita, didalam video tersebut kita bisa mencantumkan link URL situs kita, baik tampilannya hanya beberapa kali maupun tulisan url nya ada terus sepanjang video.
Membuat Group :
Kita juga bisa membuat Group Tentang Bisnis Online, dimana Topik Groupnya bisa lebih khusus lagi, misalnya Internet Marketing, dimana di Group tersebut kita bisa mengundang teman-teman lainnya untuk bergabung, lalu kita bisa berdiskusi tentang suatu Topik dimana Topik yang kita bicarakan tujuannya untuk Marketing Bisnis Online.
Cara lain adalah membuat tutorial video tentang bisnis online atau internet marketing, yang didalamnya mencantumkan link url ke situs kita. Di youtube, video tutorial seperti ini banyak sekali. Coba saja ketikkan kata kunci internet marketing di search youtube, maka akan muncul banyak sekali video internet marketing.
Artikel tersebut saya ambil dari http://muliardybanun-online.com/strategi-marketing-melalui-social-network .
Sabtu, 27 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar